27 August 2015

Review Hotel di Paris, Lyon, Swiss & Milan

Salah satu yang juga menjadi perhatian utama saat merencanakan liburan atau sebuah perjalanan adalah: memilih hotel. Bagaimana cara memilih hotel ditempat yang sama sekali asing dan belum pernah kita kunjungi. Saya mengandalkan review dari tripadvisor, forum female daily, agoda, booking com and review dari bloger spesialis travel. Agak ribet ya :)
Ini adalah hotel-hotel yang terpilih: (rate: 250-285 Euro/malam)
1. Di Paris: Mercure Paris Garedunot Lafayette (****)
2. Di Lyon: Comfort Suite (***)
3. Di Swiss: Swissotel Zurich (****)
4. Di Milan: Ade Doria Grand Hotel (****)
Melanjutkan review tentang hotel-hotel diatas, inilah kesannya:
1. Mercure paris Garedunot lafayette
Letaknya strategis, daerahnya tenang
 Loby depan
 Kamar cukup luas, sayang tidak ada extra bed
Letak hotel strategis, dekat dengan metro, samping hotel persis ada rumah makan india (halal food). Review di net bagus (ada dikisaran angka: 8). Kamar: cukup luas, bersih dengan tampilan modern minimalis. Pelayanan standart cukup. Breakfast bisa beli ditempat, makanan bervariasi cukup. akses Wifi ada di kamar, cepat. Pada dasarnya hotel ini cukup bagus sayang...tidak menyediakan extra bed..! Kalau kita bertiga memaksakan diri dalam satu kamar tetap akan dikenai charge dua kamar. Saran: bila berdua, okey-okey saja nih hotel tapi bila bertiga mending gak usah aja deh. 
Alternatif lain: Hotel Mercure Paris Gare de Lyon (? pic masih dicari).Tampilan lebih klasik dan luas juga menyediakan extra bed.
2. Comfort Suite, Lyon 

Tampilannya mirip apartement atau hotel budget. Letak: kurang strategis karena tidak dekat dengan metro tapi dekat dengan pangkalan trem. Meski begitu letaknya punya nilai plus (note: untuk mengunjungi dua shopping mall (butik-butik di Rue de La Republigue dan Lyon Part Dieu Shopping Center, dari hotel ini ternyata sangat mudah). Hari pertama dan kedua sebelum mengenal jalur trem, kita melakoni drama sengsara membawa nikmat dengan berjalan 30 menit untuk mencapai shopping mall disepanjang Rue de La Republigue. Belum lagi menenteng belanjaan yang lumayan berat selama 30 menit perjalanan balik ke hotel. Nilai plusnya juga, didepan hotel ada mini market dan sampingnya bertebaran halal food. Dari hotel menuju airport pake taxi kena charge  60 euro.  Kamar: lumayan seperti tampilan hotel Midtown atau Swiss Bell In, bersih dan minimalis. Keistimewaan hotel ini adalah: kamarnya (pilihan) dilengkapi pantry include microwave dan segala utility untuk masak dan makan. Yang lain, di hotel ini tersedia pemanas tapi tidak tersedia AC...!!! Alamak, pergi ke perancis di musim panas, hotelnya gak pake ac.  Ada pengalaman lucu berkaitan ini. Menjelang  tidur kita tutup jendela rapat-rapat dengan asumsi hawa masih dingin toh aku khan gak terlalu ac minded jadi tenang aj meski hotelnya gak ber ac. Ternyata...setelah dua jam tidur, kita bangun secara bersamaan karena merasakan gerah yang luar biasa, seperti di dalam oven ;). Setelah tersadar kalau kepanasan, segeralah kita  buka tuh jendela lebar-lebar. Ternyata hawa di dalam kamar panas sekali (uft...) untung kamar kita ada di lantai 4 dan jendelanya tidak berhadap-hadapan dengan tetangga depan. Disiasati semua lampu dimatikan dan jendela dibuka setengah barulah kita bisa tidur dengan tenang dan nyeyak. Wifi ada di tiap kamar: kencang. Pelayanan: sangat ramah khas penduduk Lyon. Breakfast: tidak menyediakan nasi atau sejenisnya.  Hanya bisa ngupi, ambil roti juga yogurt dan buah. Hmm... rotinya enak sekali. Secara keseluruhan, hotel ini meski cuman bintang tiga tapi cukup memuaskan.
Alternatif lain: Mercure Lyon Centre Plaza Republique (****). Hotel Carlton Lyon (****). Hotel ini berada diarea pertokoaan dan dekat dengan Sephora.
3. Swissotel Zurich 
Tampak depan
Ruang Loby
 Kamar luas dan nyaman
Inilah hotel yang paling favourite. Semuanya mudah dan nyaman. Chek in juga cepat. Letaknya sangat strategis, dekat dengan metro dan berada diarea pertokoaan). Pelayanan: sangat ramah. Wifi: dikamar, kencang, by request dengan menjadi member (free hanya mendaftarkan email) maka free wifi, bila bayar juga sangat murah. Breakfast: sangat variatif. kamar: nyaman, luas dan bersih. Pokoknya top deh. Breakfast bertiga tidak dikenai tambahan biaya.
4. Ade Doria Grand Hotel

Suasana breakfast di ade doria hotel
Tampilan hotel mewah dan klasik. Letak: minus, dekat dengan metro tapi tidak dengan shopping mall atau area keramaian. Area sekitarnya sepi. Pelayanan sangat ramah. Kamar: cukup luas dan nyaman. Bila bertiga akan dikenakan charge tambahan.Wifi: di kamar, kencang. Breakfast: no rice, no fish, only bread n butter plus yogurt. Seorang waitress yang tahu kita tidak mengambil sosis, ayam atau sejenisnya, merasa prihatin dengan menu sarapan yang minimalis langsung mengambil banyak buah dan meletkkannya di meja kita. Waktu akan keluar, si waitress masih menyelipkan beberapa pisang, katanya; untuk sangu di kamar. Hmmm terkesan sekali dengan keramahannya. Yang unik dari hotel ini adalah: kunci kamar. Bentuknya yang seperti kunci kamar kerajaan, besar lagi. Karena itu kunci tidak dibawa tamu tapi harus dititipkan di ruang resepsionis.
Secara keseluruhan hotel ini nyaman dan menyenangkan hanya saja letaknya yang kurang mendukung.
Alternatif lain adalah: Hotel Brunelleschi. Kemarin mencoba pesan hotel Brunelleschi tapi sudah fullbook kamarnya.
 TIP Mencari Hotel:
1.Buka situs: tripadvisor, booking.com, female daily forum atau blog traveller untuk melihat review dan rekomendasi hotel.
2.Pilih hotel yang direview paling banyak. Misal: 1300 review lebih dipilih dibanding 230 review.
3.Terkadang ada sertifikat excelent dari booking com atau tripadvisor, bisa dijadikan pertimbangan.
                       
4.Sangat penting adalah fasilitas wifi free terutama di kamar. Tertulis free wifi bisa saja hanya di loby. 
5.Untuk mendapatkan lokasi strategis, ketik central misal: hotel di Milan central... atau bisa juga lihat review lokasi paling tidak harus berdekatan dengan stasiun metro.
6.Untuk jaminan kenyamanan dan keamanan, pilih hotel yang mempunyai jaringan seperti; Mercure, Holiday in, Swissotel, atau Novotel untuk jaringan hotel bintang empat.
 7.Teliti memilih hotel. Didaerah yang sama terkadang ada beberapa hotel jaringan dengan nama yang sama. Misal: hotel mercure didaerah lafayette paris ada beberapa, contoh: Mercure paris Garedunot lafayette  ada juga Mercure Paris OpĂ©ra Lafayette Hotel.  
Okey pemirsa, Selamat berlibur, See you in the next post...:) 

1 comment:

  1. wah seru ya jalan-jalannya....


    Beli property itu yang dijamin nilai investasinya meningkat dengan cepat. Perhatikan lokasi dan kenali dulu developernya.

    Artikel ini membahas rumah yang berlokasi di dekat bandara, akses cepat dan investasi meningkat. Klik http://citragardencity.com/benarkan-rumah-dekat-bandara-menguntungkan/

    ReplyDelete