15 August 2014

review: Renovasi Rumah

Merenovasi rumah dapat menyebabkan perasaan tidak menentu,  ada saat-saat yang mendebarkan, menyenangkan dan juga memusingkan terutama budget yang sering membengkak dari perkiraan. Satu lagi, fokus belanja jadi bergeser. Sogo serasa tidak menarik lagi Tapiiiii......AceHouseware atau toko bangunan alamak....rasanya pengin nginep disana, lol... 
Melihat keramik serasa melihat berlian...hehe lebay...;)
 Pengin begini penataan ruang tamunya...
 Aduh...keren banget lampunya, pengiiiinnn...
 Kalau sudah kelihatan lampu, mendadak terobsesi...
Dalam merenov rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama kemampuan tiga dimensi. gak salah nih, bukannya arsitek yang harus punya kemampuan tiga dimensi kita cuman ngikut aj? Kalau arsitek bukan saja punya kemampuan tiga dimensi, mungkin mereka juga bisa membaca gambar empat dimensi atau bahkan lima dimensi, mirip dokter kandungan gitu...:) kalau menurutku sih, kita juga harus punya kemampuan  memahami gambar tiga dimensi. Aku sedari dulu nyadar kalau kemampuan tiga dimensiku sangat-amat terbatas sekali alias parah banget. Karenanya waktu awal kuliah, dengan sadar mengundurkan diri sewaktu diterima di jurusan tehnik sipil, langsung pindah haluan ke jurusan psikologi...(whew). Dalam hubungannya merenov rumah, kelemahanku ini dapat memperlambat waktu pengerjaan yang harus selalu croschek dulu.  
 Model depan rumah, mau minimalis, modern atau klasik?
 pengin punya teras model begini
 Pengin punya rumah ada gazebo...:)
Secara garis besar, ada beberapa rambu-rambu yang harus diperhatikan dalam merenov rumah (renov disini artinya bisa menambah ruangan baru atau meniadakan atau memperindah ruangan yang sudah ada), diantaranya:
Yang pertama adalah masalah dana.
Agar dana yang dikeluarkan tidak mubazir, pilihkan arsitek (biasanya merangkap jadi kontraktor) yang sehati dengan anda. Sehati maksudnya: bisa dipercaya alias kredibilitas tidak meragukan (lebih bagus lagi hasil recomend temen), sabar, baik hati dan tidak sombong...:).Apalagi kalau klientnya setipe denganku, whew....arsiteknya kudu sabar dan ikhlas...lol. Dalam merenov rumah, seringkali dana yang sudah dialokasikan (tercantum dalam kontrak)  mendadak kedodoran. why...? Karena: banyak hal diantaranya: lapar mata ketika shopping bahan bangunan, semula keramik diganti granit atau semula granit diganti marmer de-el-el. Untuk mensiasatinya: siapkan dana cadangan ekstra atau percayakan semua pada arsiteknya. Untuk itu, aku terkadang melihat "rumah contoh" kreasi si arsitek ditempat lain. Kalau bagus, lanjut (sesuai layout kontrak) kalau merasa kurang pas, terpaksa memanfaatkan dana cadangan ekstra...:( 
Yang kedua adalah masalah ukuran (terutama yang lemah tiga dimensinya) termasuk: kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, ruang makan de-el-el...meski sudah digambarkan desainnya, aku masih saja kesulitan memperkirakan besaran ruangnya. Karenanya aku jadi sering mampir kerumah teman (kalau lagi renov rumah) atau mampir ke rumah sakit (kalau lagi renov klinik OTC, di bojonegoro), salon, atau rumah makan (kalau lagi renov villa dleyla di batu) sekedar survey besarnya ruang kamar mandi atau besarnya kamar tamunya sudah pas atau belum. Ribet ya? Iya betul...Arsiteknya aj sering bingung tujuh keliling...:)
Yang ketiga adalah masalah fungsi setiap ruangan.
Bila ditanya pilih mana fungsi atau estetika sebuah ruangan, jawabannya adalah: dua-duanya (hahaha ini sih namanya gak bisa milih). Penginnya dapet dua-duanya, disinilah tantangannya. Ukuran kamarnya kecil, tapi penginnya disetiap kamar ada kamar mandinya. Ntar sudah ada kamar mandinya penginnya kamar mandinya dibagi dua area, basah dan kering. Kalau gak bisa juga, disiasati ditambahkan wastafel kecil dikamar mandi, kalau gak bisa juga pasrah ma layout kontrak...Kalau terpaksa milih, aku lebih pilih estetika dibanding fungsi karena menurutku rumah tinggal itu harus homey. Untuk homey, penataan ruang harus selaras. Tidak bisa selaras kalau kita memaksakan ada kamar-mandi didalam kamar yang berbatasan dengan ruang tamu jika ruangan baru itu mengepras ruang tamu menjadi lebih kecil hingga terasa sumpek.
Yang keempat adalah: menselaraskan interior dan eksterior.
Keindahan rumah adalah perpaduan dari penataan interior dan eksteriornya. Dalam pemilihan interior, aku lebih memilih interior yang simple sehingga mudah dibersihkan. Karenanya sekuat mungkin, aku berusaha untuk tidak tergoda dengan furniture yang banyak detil ukiran.  Begitu juga dengan pemilihan lampu. aku lebih memilih lampu klasik dibanding lampu yang penuh kristal. Seperti gambar yang diatas, aku harus manahan diri untuk tidak tergoda dengan lampu kristal tsb meski lampunya menggoda sekali. Sementara ini alhamdulillah berhasil...(syukur dananya bisa dialihkan ke yang lain). 
Yang kelima adalah:  fokus pada dapur dan kamar mandi.


 

 

Fokus setiap orang pasti berbeda-beda. Menurutku ini adalah bagian yang terpenting dalam sebuah rumah. Dapur adalah tempat darimana makanan kita disajikan. Kalau tempatnya nyaman (aku sih rela dapurku lebih luas dibanding ruangan kamar ) dan bersih pastinya makanan yang disajikan sehat dan mengundang selera. Sementara kamar mandi adalah tempat paling privasi dan sangat erat kaitannya dengan kenyamanan. Kenyamanan erat kaitannya dengan kebersihan. Kamar mandi yang nyaman adalah kamar mandi yang bersih. Dan untuk bersih kamar mandi harus fungsional. Dan untuk fungsional kamar mandi harusnya ada disetiap kamar. Nah khan itu kenapa aku penginnya disetiap kamar harus ada kamar mandinya, masuk akal khan...(whew, dasar obsessive ma kamar mandi).   
Aku bisa langsung jatuh cinta melihat rumah, hanya dengan melihat dapur dan kamar mandinya...:)  
update: 1
tampak depan, carport dapat menampung dua mobil. 
 teras depan plus ruang tamu
 ruang keluarga berbatasan dengan ruang makan, perhatikan pencahayaan cukup karena dibuatkan ruang terbuka disisi belakang dan samping
 ruang dapur kotor berbatasan dengan garasi
 dapur bersih berbatasan dengan janitor (gudang) dan kamar mandi
 kamar mandi di kamar utama


 kamar mandi luar


 kamar mandi di kamar ke 2


 lorong di tingkat 2, ruang depan lorong disediakan untuk book corner

update: 2, 12/09/2014, before renov
 ruang tamu
 ruang keluarga berbatasan dengan ruang makan(salah fokus, whew..)

cat berwarna gelap menyebabkan ruangan ini terlihat sempit
 pencahayaan kurang sekali karena tidak ada area terbuka diruangan ini

 jendela dan atap yang melengkung dihilangkan saat renov
 ruang dapur dan lamar mandi, yang saat renov mendapat perhatian dan perlakuan khusus...:)
closet yang lama siap dilelang...;)
Ketika arsitek yang merenov rumah nanya, memang rumahnya mau ditempati bu? (judul pertamanya sih rumahnya mau dibisniskan alias disewakan, sejenis homestay (kamar-perkamar) atau villastay (satu rumah disewakan harian) gitu tapi...koq sayang ya...whew! Kalau diperjelas maksud si penanya: kalau gak ditempati koq ibu ribet sekali sih ngaturnya?
Hehehe...gak tahu aja, aslinya memang ibu RT jadi agak susah diajak jadi pengusaha tulen. Naluri ibu RTnya sering mengalahkan naluri bisnisnya...(X_X). Hasil akhir, dengan lt: 200 mtr (lupa nanya luas bangunan, perkiraan sih sekitar: 250an mtr), sukses memaksakan diri membuat empat kamar diantaranya tiga kamar mandi dalam, satu kamar mandi luar, book corner (selalu, kudu, harus ada semacam trade mark gitu, lol...), ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, satu garasi, carport dapat menampung dua mobil, dapur kotor,  pantry, gudang kecil, kamar pembantu plus kamar mandi. Ini adalah sketsa hasil kompromi keinginan dan kebutuhan. Aslinya pengin membuat gudang yang guuede...supaya dapat menampung segala pernak-pernik hasil hunting sana-sini...:)
Bagaimana dengan anda...? Share yuk disini...

12 comments:

  1. Jasa konsultan arsitektur terpercaya dan berpengalaman.
    www.grandgoldenindonesia.com

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan kami CV HATO, General Kontraktor Jawa Tengah yang melayani pembangunan maupun renovasi rumah, gedung maupun kantor. Kepuasan pelanggan karena fleksibilitas dalam perencanaan dan pelaksanaan harga yang kompetitif dengan tidak meninggalkan kualitas adalah tujuan kami. Kenali kami lebih jauh dengan mengunjung http://kontraktorcvhato.blogspot.co.id/ ...Salam. - CV HATO

    ReplyDelete

  3. Untuk pemasangan pipa air, saluran air, dan service mesin pompa air silahakan hubungi Hydro Teknik

    https://hydocoteknik.com/servicepompaair/

    Hydro Teknik, ahlinya pompa air Jakarta Depok Bekasi Tangerang

    Mencakup daerah pondok indah, pondok pinang, kebayoran lama, kebayoran baru, fatmawati, bintaro, antasari, kemang, dan masih banyak lagi

    ReplyDelete
  4. indojaya-scaffolding.com
    CV. INDO JAYA LOGAM

    Pusatnya Jual Steger, Sewa Steger, Jual Scaffolding, Sewa Scaffolding, Jual Steger Murah, Sewa Steger Murah, Jual Scaffolding murah, Sewa Scaffolding murah, Jual Steger Berkualitas, Jual Scaffolding Berkualitas.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya. Apabila membutuhkan kontraktor interior bisa menghubungi kami di 081380809198. Kunjungi web kami untuk info http://www.persadainterior.com

    ReplyDelete
  6. kalo lelang interior itu dimana yah? mohon infonya


    Imajinasikan rumahmu dengan pemandangan mempesona di kota Jakarta, klik http://citralakesawangan.com/finehomes-pancarkan-aura-positif-rumah-di-tepi-danau/

    ReplyDelete
  7. ya bener banget kak, klo ada uang semua bisa lakukan, tapi menghemat biaya banyak cara kok kak, membeli material recycle

    ReplyDelete
  8. Misi admin izin share ya, dekorasi rumah aja kayaknya kurang kalo saya lihat gimana kalau di padu padankan sama yang namanya cat wash / wash paint. Kelebihan cat ini bisa diliat disini ya min :

    1. Warna dan motif yang beragam
    2. Awet, tahan lama
    3. Harga lebih murah
    4. Pelindung cat (coating & waxing)

    Barangkali berminat, bisa kok min hubungi kami di jasa pengecatan wash dinding rapi serta hasil yang berkualitas. Makasih admin

    ReplyDelete
  9. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  10. Sedang mencari jasa renovasi rumah di Surabaya, Kunjungi Website Kami Di kontraktor rumah surabaya
    Hubungi kami di WA: 08113540707

    ReplyDelete
  11. good artikel min
    coba deh pakai pintu aluminium untuk renovasi rumah anda agar terlihat lebih elegan.

    ReplyDelete